Monday, October 7, 2013

Review Michigo di Jalan Colombo

Sama halnya dengan Loving Hut yang akan gua review buat entri selanjutnya, gua cuma salah pilih menu. Sebelomnya gua udah pernah makan bibimbap di UK, tapi karena waktu itu yang gua cobain bibimbap vegetarian tiada pakai daging, gua penasaran sama bibimbap ala Michigo yang pake irisan daging bulgogi. Irisan. Gua ulang sekali lagi; irisan.

Bener-bener salah pilih menu.


So, gua beli bibimbap bulgogi yang harganya Rp 40.000,- dan gua berani bilang kalo rasanya gak jauh beda sama yang gua cobain di UK. Bedanya, waktu di UK, embak-embak koreanya yang bertugas untuk mengaduk bibimbap gua, dan dia nanya mau pedes/enggak. Jadi sambel koreanya dia yang ngasih sesuai kemauan kita. Embak koreanya bilang kalo customer bule biasanya dua sendok udah kepedesan, yaudah gua minta tiga sendok dan itu pedes aniyo (enggak) sodara-sodara. Sementara bibimbap-nya Michigo udah dikasih sambel korea di dalem mangkok batunya itu; gua curiga cuma dijatahin satu sendok sambel per porsi. Walhasil gua nambahin saos dan saos tomat sampe rasanya agak manusiawi di lidah. Sekedar info, abis itu gua batuk dua hari bahahanjir, jadi nambahin saos+saos tomat ke bibimbap Michigo lo tidak disarankan yak.



Gua lupa sama harganya toppokki gatau ini nulisnya bener kaga, tapi kalo gak salah harganya antara 25-30.000 satu porsi. Kelihatannya emang kecil, tapi ternyata isinya banyak; kita beli yang toppokki fish cake, yaitu toppokki bentuk tabung + fish cake bentuk pipih. Dua-duanya enak. Sausnya sayangnya encer gitu gak jelas, gak meresap ke potongan toppokki dan fish cake-nya. Oh iya gua juga nyampur sisa saus toppokki ke bibimbap bulgogi gua hahaha pantes batuk bam.

Di UK gua juga beli toppokki, dan buat gua yang di UK lebih lebih lebih enak pake banget soalnya sausnya beda dan porsinya banyak dan isinya beragam gak cuma si toppokki aja. Gua lumayan nyesel nggak memfoto toppokki UK. Tapi kalo lo pernah nonton variety show dari korea, ya toppokki UK sama persis; dihidangkan di semacam kuali lebar, panasnya awet bahkan sampe potongan toppokki terakhir abis, sausnya kental dan lebih kaya rasanya, porsinya gede banget buat enam orang. Saking enaknya, karena bibimbap UK gua vegetarian, akhirnya gua pake topping toppokki yang bejibun itu sebagai lauk.

Untuk minumnya, Michigo gak ngasih banyak pilihan, cuma ada jus, teh botol, dan air mineral. Teh hijau aja nggak ada ceka ceka ceka. Gua beli jus apel. Harganya Rp 12.000,- dan yah rasanya lebih enak daripada buavita sih memang.




Lalu gua Betken Ayu Dewi dan Lisna patungan beli patbingsoo. Es kacang merah. Kita beli yang rasa teh hijau. Harganya Rp 28.000,- ukuran jumbo (apaan cuma ukuran cup macam Baskin’s n Robbins haha) dan Rp 17.000,- buat ukuran mini. Aneh patbingsoo-nya, nggak kayak yang sering gua liat di variety show korea. Jadi teh hijaunya itu es krim. Toppingnya ada buah kiwi, jeruk, leci, dan stroberi kalo ga salah. Kacang merahnya gede-gede. Ada irisan kacang almond juga. Dan akhirnya di bagian paling dasar terdapat es serut berlapis susu kental manis. Dan untungnya itu patbingsoo gua aduk—inget sama cara makan patbingsoo dari variety show—soalnya kalo enggak diaduk dengan berwibawa, lo cuma makan toping buah dan es krimnya, sementara es serut yang ada di bawah tumpukan toping buah dan es krim terlupakan begitu aja. Nggak lucu kan kalo es serutnya kemakan terakhir? So, jangan lupa buat mengaduk patbingsoo Michigo lo dengan ganteng/cantiknya karena yah, emang begitu cara makan patbingsoo ala korea.
 




* Apakah Bamby Akan Kembali Kesini:
karena gua salah pilih menu, gua bakal kembali lagi ke Michigo nyobain menu doshirak-nya (nasi box). Sangat disayangkan Michigo belom punya menu mie jangmyun bener gak nih nulisnya; mie hitam macam yamin tapi kayaknya menu wajib coba bangat dalam ranah kuliner korea. Adanya mie kuah es yaitu nangmyun di Michigo *thanks berat buat Lisna yang udah mengingatkan.

Kalo lo mau kesini pastikan dulu lo dalam keadaan lapar sodara-sodara, soalnya porsinya banyak. Dan cari temen juga buat patungan toppokki/patbingsoo/menu side dishes lainnya. Gua rasa Michigo bisa ngehits gini karena kekuatan word of mouth. Soal rasa, gua cuma bisa kasih 5 dari 10 bintang.



foto-foto dari http://instagram.com/ybamb# dan hapenya dewi.



5 comments:

  1. wakakkaka,. aku salah dong makan patbingsoo-nya..

    ReplyDelete
  2. so, Michigo mestinya ada mie kok bam, tapi naeng-myeon (mie dingin) gitu..
    bentuknya kayak...bihun dikasi kuah aer es. yak. lo bayangin aja.

    ReplyDelete
  3. @snaily lol kudu dicampur emang setau ane. lagian mbak mbak kasir nggak ngasitau juga bye gitu.

    @lisna oiye benerrr. segera diedit entri ini. makasih sob.

    ReplyDelete
  4. aku ke michigo gamau balik lagi. waktu itu bibimbap bulgoginya fail banget, trs mesen menu doshiraknya juga ....
    anw good luck bam! semoga kunjungan lain kali kesananya enak~

    ReplyDelete
  5. @wahy ah seriusan nih gaswat. penasaran pengen doshirak-nya tapi ya itu intinya macam paket hokben sih ya? amin semoga lebih enak wah. makasih udah mampir dan ngomen yak.

    ReplyDelete

I (F/30) am my father's son

when he actually has two.                         My 9 years junior dislikes his middle name, cutely given after a French legend because our...