Monday, August 11, 2014

boring books review

sama. gua juga kaget. ternyata gua, self-proclaimed high maintenance reader of the century, bisa toh nggak doyan sama buku.

makanya judulnya boring books review. kalo selama ini gue review buku-buku cihuy yang bikin gue entah merinding entah bengong, well. here you go.


  • BUMI by tere liye (mirip mas rizal btw orangnya, fanmeet gitu kebetulan di gramedia amplaz yogyakarta, baek om-nya, akhirnya owe coba beli satu novelnya).
  • 400-an halaman.
  • bahasa indonesia. 75.000.
  • EDIT: papi ane lagi2 baca buku-yang-tak-kulirik sampe tamat bahahahah (november 2014).

BUMI mau dibikin trilogi, atau tetralogi gitu. ini buku pertamanya. plotnya seperti ini: cewek SMA super biasa-biasa aja nggak cakep2 amat, anak tunggal, suka kucing dan pelajaran bahasa, dari orok bisa menghilang dengan cara menutup wajahnya dengan kedua telapak tangan dan suka godain orang tuanya kalo lagi iseng muncul-hilang seenaknya.

awalnya gitu doang, tapi lama-lama mulai bermunculan tokoh-tokoh gaib dan temennya dia yang bisa mengendalikan listrik. semacam aang; the last airbender gitu lah ya, kekuatan supernaturalnya. premis-nya juga mirip kayak novel young adult fantasi pada umumnya; ada mentor yang tak lain adalah guru yang paling ditakuti satu sekolah, rahasia-rahasia, pergi ke dunia "lain" pake portal, belajar berkelahi, ternyata tokoh utama kita yaaaaa titisan-terakhir-dari-ras-akjsfkaal-yang-diungsikan-ke-bumi.

superman kal-el dong, bam?

ya bukan. neng-nya namanya raib. see the connection with her power? yeah.

kenapa bamby nggak selesai baca BUMI?
entahlah. bahahahahaahha. setelah raib dan dua temannya berantem versus 'makhluk halus' dari dunia lain dan diselamatkan sama mentor dan (kayaknya) cabs ke dunia lain itu gue langsung hilang semangat buat baca-nya. padahal setting-nya jakarta loh, seragam putih abu-abu, makan tempe dan siomay segala tokoh-tokohnya, tapi. yah.

ditulis pake first person pov. setahun belakangan gue emang mencoba untuk menoleransi (mentoleransi? loloreransi?) pov yang satu ini. om tere liye mantaps. seperti penulis senior dari penerbit Gramedia Pustaka Utama pada umumnya, om tere liye tata bahasanya rapi dan cocok dengan selera high maintenance bamby terkait novel lokal.

gaya berceritanya juga beda. detil-detil yang tampaknya nggak penting dan seolah-olah diulang-ulang terus oleh si om, gue yakin bakal berperan besar untuk jalan cerita ke depannya. gue yakin masalah mesin cuci rusak yang bikin mamanya raib bete ada maknanya di halaman-halaman belakang, cuma gue keburu selam (males, oke?) buat melanjutkan baca, yah, semua itu hanya menjadi tebakan bamby semata.

gue beli BUMI soalnya gue butuh gambaran kayak gimana sih jagad pernovelan lokal yang ditujukan buat pembaca young adult dan diterbitkan oleh penerbit gede kayak GPU? gituh.





  • DOOMED by chuck palahniuk (penulis FIGHT CLUB, buku super kontemporer yang gua baca waktu gue masih orok english masih cupu mamvus yang filmnya dibintangi brad pitt + edward norton itu).
  • 400-an halaman.
  • english.
  • beli di periplus. 105.000.

sejujurnya gua males baca DOOMED karena kemakan omongan review-review tidak mengenakkan yang ada di goodreads. fck. kayaknya gue gak bakal mengunjungi website itu lagi. siangke bangats. spoiler gitu cuih.

nah.
DOOMED ditulis dalam first pov lagi, so far. gue beneran baru baca sampe halaman 25-an. siangke goodreads emang. lebih siangke lagi ternyata DOOMED itu buku sequel buahahahhaha. kirain buku lepas satu jilid abis. summary-nya bilang kalo arwah cewek tajir upper state nyc gitu nyasar ke bumi karena mishap dari devil dan god. nah loh. udah gitu doang yang gue tau, plus gambaran kalo dia dulu sekolah di asrama khusus putri dan obesitas dan dia di-bully sama cewe2 kurus.

gue males sama novel yang ber-sekuel trilogi tetralogi anulogi. apalagi kalo gue udah telat tau eksistensi novel tersebut. males ngejarnya gitu. ah.





  • SPELLBINDER by helen stringer (fun fact? papi gue sampe bawa ini novel ke kantor buat dibaca ampe tamat sementara gue aja males ngelirik bahahahhahahahahahhahahah).
  • 400-an halaman.
  • boso indonesa. 65.000.

tokoh utamanya cewek. yatim piatu. bisa liat dan ngobrol sama hantu. orang tuanya yang udah meninggal masih tinggal di rumahnya, masak, bersih-bersih, baca surat kabar, nonton TV. setting di UK, kota fiksional gitu. nothing special. bahkan ampe gue baca halaman 200-an aja masih nggak jelas musuh utamanya itu siapa/apa, nggak jelas juntrungannya mau kemana plotnya. chapter dipotong kependekkan atau malah nggak signifikan sama sekali buat gue.

pokoknya bye lah gitu *anak jaman sekarang*



→→→
     →→→
→→→



kalo gue udah beken, biasanya, seperti manusia beken yang lain, gue bakal dengan senang hati ngirimin novel yang lo mau dari tiga judul di atas kemanapun lo berada; dengan catatan lo harus entah itu gambar komuk gue lah, memuji blog gue lah, ngomen ke entri ini lah. bahahahahahah. belom beken nih. kapan-kapan dah ye ada sayembara gitu kayaknya cihuy?

makasih udah mampir.



No comments:

Post a Comment

I (F/30) am my father's son

when he actually has two.                         My 9 years junior dislikes his middle name, cutely given after a French legend because our...