Wednesday, January 3, 2024

jurnal 2022 - 2023 + cashbook 2023

so. gue udah nulis diary kayaknya dari SD. atau SMP. kebawa terus sampai sekarang, tapi kita berevolusi ga cuma dear diary; kita juga punya yang namanya jurnal dan cashbook.

JURNAL

brand: JOYKO lokal indo punya woyyy 11-12 sama moleskine!

murah dan berkualitas. kertasnya tebel, ada pilihan kertas bergaris, dotted, dan grid kotak.


masih sisa beberapa lembar halaman kosong, padahal jurnal dimulai januari 2022 dan baru aja berakhir di desember 2023.


gue gak mau kasih liat isinya karena personal eakkk, kira-kira ini reflection tahun 2022 yang gue tulis di desember 2023 (harusnya ditulis di januari 2023 lol). punya gue kertas yang tipe dotted.


as you can see, gue pake pulpen tinta hitam doang (dan highlighter pink untuk divider tahun).

gue pernah kemakan trend bullet journal yang hits; pulpen warna-warni lah, highlighter bejibun, font tulisan dicakepin, STIKER, doodling... buset jujur aje gue kaga bisa keep up waktu itu. gue malah super exhausted, discouraged karena anjjj kenapa bullet journal gue gak ESTETIK?????

ternyata emang gue males aja WAKAKKAKA. formula gue cuma pulpen + spidol tinta hitam, dan spidol merah sebagai penanda task yang udah gue lakukan/goal yang udah tercapai. no stickers no fancy font no doodling.

kalo harus dikasih label, gue tipe orang yang organised tapi gak ngoyo. tapi organised. isi jurnal gue itu:

MONTHLY tracker: no spend (alias tanggal berapa aja yang gue ga jajan/ga keluar uang samsek), keramas (penting buat gue yang rambutnya lagi recovery lol), belanja groceries, jajan/drink (minuman manis macem boba/bottled drinks)/eat out (real makan berat di resto), tahajud, exercise (dalam artian jogging/yoga ala2).

DAILY: jam gue tidur dan jam gue bangun (kesimpulannya, di 2023 gue tidur di atas jam 12, mostly jam 1 am - kacau sih kata gue. karena di 2022 gue paling malem tuh setengah 1, mostly 11 pm udah selimutan).

eits, bukan cuma itu. gue juga tracking gue minum obat apaan aja dalam sehari (misal; tolak angin/aspirin/obat batuk) karena you can't take too much meds bro. sekalian juga tracking gue sakit berapa hari; gejala dan apa yang dirasakan selama sakit.

gue juga bikin TO-DO LIST daily. kadang terealisasikan, kadang bolong.

misal gue pergi ke tempat baru dan menyenangkan, gue catet. misal gue nge-thrift dapet kece2, gue catet. misal ada cowok ganteng ngajak kenalan, gue catet juga bahahahhaha (real btw, sebuah kemajuan!).

apa lagi yak.

period tracker! to summarise, 2023 gue dapetnya reguler dan 5 days top. dari tracking, gue jadi tau ada 2x yang gue dapetnya dua kali dalam sebulan.

gue sangat merekomendasi kegiatan journaling ini. if anything, to keep track of your day, month, and eventually year. jadinya lo bisa refleksi di akhir tahun. bisa inget kegiatan dan happiness dan pelajaran apa aja yang telah dilalui ciaaaaaaaa. do it for yourself gitu. kalo lo lebih doyan dalam digital format, itu juga bisa. personally, gue gak suka kebanyakan digital tools/app (padahal anak UX).

besok gue akan posting my 2024 weekly journal, moleskine, yang kurlebnya udah "pre-formatted" --- yang harusnya bisa bikin gue lebih getol giat rajin ga bolong2. i'll check back with you guys in january next year inshaallah.

CASHBOOK
£1 dapet 3 notebook tipis gini


very straightforward. tahun 2022 gue niat banget nyatet every single cents yang gue spent, karena waktu itu bank gue cuma satu. sekarang gue punya dua bank. jujur 2023 gue banyak neglecting this habit lol dan kayaknya cukup yakin tahun 2023 pengeluaran gue jor-joran.

gapapa, kita benerin habit ini di tahun 2024. frugal tapi kalo buat makanan ya harus makan LOL.

okeh! semoga menginspirasi. see you tomorrow!



No comments:

Post a Comment

I (F/30) am my father's son

when he actually has two.                         My 9 years junior dislikes his middle name, cutely given after a French legend because our...