Thursday, June 6, 2013

#23 "oh begitu..."

dua hari yang lalu gua liat skripsi orang. mbak itu meneliti tentang perbedaan perilaku mahasiswa exchange dari jerman, australia, jepang, dan korea.

hasil penelitian mbak itu menyimpulkan bahwasanya gaya belajar mengajar universitas di jepang dan korea menitik beratkan kepada perilaku mahasiswanya sebagai berikut;
- mahasiswa mendengarkan dosen dengan saksama, lalu mencatat dengan rajin
- nggak ada diskusi antar mahasiswa/dosen, nggak ada presentasi
- tanya jawab hanya terjadi ketika dosen menunjuk seorang mahasiswa saja
- setelah jam kuliah usai mereka ngetem di perpustakaan buat internetan atau langsung ngerjain tugas

gampangnya, pasif.
(tapi toh mereka otaknya berisi daripada kita? mungkin.)

sementara itu, mahasiswa dari belahan dunia barat kurang lebihnya serupa dengan kita mahasiswa indonesia, jauh lebih aktif dan dinamis.

lalu, gua pun beropini ke yoyon yang duduk di sebelah gua, "yon jangan-jangan kita mahasiswa indonesia emang udah oke secara individual, tapi institusinya jijay?" karena let's be honest, ladies and gentlemen, lo pasti tau apa yang gua maksud.

atau, seperti biasa, gua cuma menjustifikasi diri. heh.

(yoyon setuju sama opini gua, ngomong-ngomong.)

2 comments:

  1. guaaa dari dulu emang fans blog lo bam. bisa dikepoin tanpa bikin galau. soalnya blog lo bukan buat curhat hahahahahah \m/

    ReplyDelete
  2. anjir gua terima lah apa aja. intinya "dikepoin". macam artis lah ya. mayan. thanks banget zka.

    ReplyDelete

I (F/30) am my father's son

when he actually has two.                         My 9 years junior dislikes his middle name, cutely given after a French legend because our...